Sabtu, 22 September 2012

Air terjun diperbatasan gunungkidul dan klaten


Kondisi perbukitan seribu yang membentang sepanjang Bantul hingga disebelah barat pacitan yang dianggap daerah tandus  dan kekurangan air, namun ternyata mempunyai beberapa air terjun yang cukup akan airnya disepanjang musim walaupun debitnya pada musim kemarau memang kecil. Salah satu curug atau air terjun yang cukup indah adalah air terjun gedangsari atau air terjun Indah Tegalrejo bahkan ada yang menyebut air terjun bayat.
Disebut Air terjun bayat dikarena untuk menapaui air terjun, curug indah tegalrejolokasi ini lebih mudah dan lebih dekat dengan ibukota Kecamatan Bayat, Klaten walaupun secara administrative masuk dalam wilayah desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Keberadaan air terjun ini tepat berada dibawah gunung yang menjadi perbatasan antara kabupaten gunung kidul dengan kabupaten Klaten.
Untuk menikmati pesona air terjun ini anda akan melewati retribusi sebesar Rp. 2.000,- per orang, sedangkan pengelolaan air terjun ini merupakan masyarakat setempat karena kepemilikan lahan sebagai tempat wisata air terjun ini merupkan kepemilikan pribadi seorang warga Gedangsari bukan merupakan kepemilikan pemerintah setempat. Sedangkan warga pengelola tempat wisata ini merupakan penyewa lahan yang mengembangkan dengan berbagai fasilitas pendukung tempat wisata tersebut.
Air terjun Gedangsari membentuk beberapa tingkatan dan disetiap air terjun, tegalrejotingkatan membentuk sebuah cekungan yang cukup dalam dan dapat dimanfaatkan sebagai tempat mandi dan berenang. Dengan debit air yang cukup kecil sekalipun seperti halnya pada musim kemarau namun ekungan tersebut tepa terisi penuh dan cukp dalam. Sehingga bagi yang tidak bisa berenang jangan coba coba untuk masuk dalam cekungan tersebut.
Karena pengelolaan yang kurang maksimal dan karena pihak terkait juga tidak turun tangan dengan keberadaan tempat air terjun ini sehingga perawatan serta kebersihan tempat ini kurang terjaga. Jika hal ini tidak segera tertangani sangat disayangkan jika kealamian dan keasrian serta keindahan tempat ini rusak oleh karena tidak ada penanganan yang serius dan juga mungkin karena ulah tangan tangan jahil.

How tio get there :
-          Karena lokasi yang agak masuk maka keberadaan angkutan umum belum memadai dan paling nyaman memang dengan kendaraan pribadi melalui rute dari Yogyakarta menuju arah jalan jogja solo kemudian berbelok menuju ke kecamatan Wedi kemudian ibukota kecamatan bayat selanjutnya menuju kearah Koramil disisi kanan jalan kemudian belok kanan dan masuk gang lurus hingga menuju kawasan wisata tersebut.

1 komentar:

  1. mohon konfirmasi jika ingin memakai foto-foto dari blog rumputilalang.trimakasih

    BalasHapus